Prodi Teknik Industri Pertanian

Konsentrasi keilmuan pada Prodi TIP meliputi pengetahuan tentang komoditas pertanian, konsep nilai tambah, pengetahuan tentang proses, manajemen, ke-ekonomian dalam konversi komoditas menjadi produk dengan mempertimbangkan aspek lingkungan, pengetahuan tentang alat dan mesin untuk industri pertanian, dan kemampuan melakukan rekayasa proses dan sistem untuk produk baru.

Disiplin ilmu TIP adalah disiplin ilmu terapan yang menitikberatkan pada perencanaan, perancangan, pengembangan, evaluasi suatu sistem terpadu (meliputi manusia, bahan, informasi, peralatan dan energi) pada kegiatan agroindustri untuk mencapai kinerja (efisiensi dan efektivitas) yang optimal. Disiplin ini menerapkan ilmu matematika, fisika, kimia/biokimia, ilmu-ilmu sosial ekonomi, prinsip-prinsip dan metodologi dalam menganalisis dan merancang agar mampu memperkirakan dan mengevaluasi hasil yang diperoleh dari sistem terpadu agroindustri. Ia merupakan paduan dari dua disiplin ilmu, teknik proses dan teknik industri, dengan objek formalnya adalah pendayagunaan hasil pertanian.

Visi

Menjadi lembaga pendidikan tinggi Teknologi Industri Pertanian yang unggul, cerdas, dan kompetitif, yang mengintegrasikan sains, teknologi, dan ilmu-ilmu kemanusiaan dengan ilmu-ilmu keislaman, dengan tetap mengikuti perkembangan zaman, serta mampu berperan aktif dalam pengembangan rekayasa sistem, teknologi, dan manajemen agroindustri.

Misi

  1. Mengadakan pendidikan tinggi dan pembelajaran yang terstruktur dalam pondok dalam pengembangan sains, teknologi, dan ilmu-ilmu kemanusiaan dari perspektif Islam yang dapat merespon tantangan global di bidang rekayasa sistem, teknologi, dan manajemen agroindustri, sehingga membentuk manusia yang berkompetensi dalam bidangnya dan membentuk manusia yang beriman, bertaqwa dan berakhlakul karimah.
  2. Mengadakan penelitian dalam bidang Teknologi Industri Pertanian dan penerapannya dalam mendukung pertanian berkelanjutan sesuai dengan perkembangan global.
  3. Mengadakan pengabdian pada masyarakat melalui pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Teknologi Industri Pertanian dalam mendukung industri pertanian berkelanjutan.
  4. Mengembangkan hasil karya dan manfaat sesuai dengan jiwa entrepreneur.

Keunggulan Program Studi

Keunggulan dan keunikan program studi Teknologi Industri Pertanian UNIDA Gontor adalah sebagai berikut:

  1. Mahasiswa mendapatkan pengetahuan di bidang Teknologi Industri Pertanian yang terintegrasi (teknik dan manajemen industri, teknologi proses dan bioproses serta teknologi lingkungan) yang berlandaskan pada pengembangan pertanian terpadu berkelanjutan.
  2. Mahasiswa mendapatkan pengetahuan agama Islam, yang menjadi dasar dalam pengembangan keilmuan Teknologi Industri Pertanian melalui Islamisasi Ilmu Pengetahuan dan World View Islam.
  3. Mahasiswa mendapatkan pendidikan dan pengajaran dalam lingkungan perguruan tinggi pesantren yang kondusif sehingga menjadi nilai tambah baik dari aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik.

Mata Kuliah Unggulan

Al-Qur’an dan al-Hadits TIP, Fiqh untuk TIP, Sejarah Peradaban Islam bidang TIP, Mikrobiologi Industri, Perancangan dan Pengembangan Produk, Permodelan dan Simulasi Sistem, Pengendalian Mutu.

Profil Lulusan

Program Studi Teknologi Industri Pertanian diselenggarakan untuk menghasilkan lulusan (Sarjana Teknik Pertanian) yang dapat berperan sebagai pengusaha, supervisor atau manajer, birokrat, peneliti, akademisi maupun sebagai konsultan. Lulusan dapat bekerja di perusahaan swasta/industry, perusahaan multinasional (MNC), lembaga pemerintahan, perguruan tinggi, lembaga riset, lembaga keuangan/perbankan, BUMN / BUMD, lembaga internasional maupun sebagai wirausaha.

2014 All Right Reserved | Design by PPTIK Team